Selasa, 18 September 2012

Cara menghitung pajak motor (mati 3 tahun)..


I
II
III

Pokok
Sanksi Administrasi
Jumlah

0
0
0
BBN-kb
0
0
157,500
PKB
0
0
35,000
SWDKLLJ
0
0
0
Adm. Stnk
0
0
0
Adm. TNKB
0
0
192,500
Jumlah




Cara menghitung perkiraan pajaknya sbb :






I
II
III

Pokok
Sanksi Administrasi
Jumlah




BBN-kb
PKB x 3
PKB x 24% x 3
I + II
PKB
35,000 x 3
32,000 x3
I + II
SWDKLLJ



Adm. Stnk



Adm. TNKB
Jumlah
Jumlah
Jumlah
Jumlah












Hasilnya adalah:






I
II
III

Pokok
Sanksi Administrasi
Jumlah

0
0
0
BBN-kb
472,500
113,400
585,900
PKB
105,000
96,000
169,000
SWDKLLJ
0
0
0
Adm. Stnk
0
0
0
Adm. TNKB
577,500
209,400
786,900
Jumlah
Title: Cara menghitung pajak motor (mati 3 tahun)..; Written by Keru Anju; Rating: 5 dari 5

24 komentar:

  1. Masih bingung Gan? jangan ragu untuk sms saya Gan

    BalasHapus
  2. kalau pajak stnk mati 5 tahun itu gimana dong?
    PKB 147.500
    SWKDLLJ 35.000

    Honda Revo Hitam tahun 2008
    02-04-2013 - harus ganti plat
    itungannya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pajak nya saja kurang lebih 270 rb. Tinggal tambah jasa

      Hapus
    2. om klo pajak mati 6 tahun dan plat mati.. itu pemutihan ya?? apa gimana om?? nasib surat2 nya ribet gak ngurus nya??
      motor sih tahun 2006

      Hapus
  3. Gan ane pny motor dari luar jawa. Pas ane dipindah tugas jkt, nov 2008, motor dan berkas ane tujukan ke alamat ortu (jatim). Tp krn berkas ga dateng2, motor ane bawa ke jkt. Nah, jan 2009 berkas dateng. Ane wkt itu males bw motor ke kampung lg buat urus surat2nya. Nah skrg pgn ngurus. Kira2 bisa gak gan, tuh motor diidupin di jkt n berapa biayanya. Tks ya gan

    BalasHapus
  4. Met malam ...brp biaya kalau mobil saya akan balik nama dr bogor ke bekasi. dengan rincian sbb:
    STNK.
    BBN-KB: 0
    PKB : 310.500
    SWDKLLJ:73.000
    BIAYA ADM STNK: 50.000
    BIAYA ADM TNKB 20.000
    TOTAL = 453.500

    STNK Saya mati sejak 2011 di tulisan surat kendaraan bermotor, sedangkan disurat ketetapan Pajak PKB/BBN-KB Dan SWDKLLJ TAHUN 2007.

    Berapa biaya yang harus di siapkan untuk balik nama stnk dan bpkb gan ? mohon petunjuk ya.....

    ini email saya: abdul.gafur@rocketmail.com

    mohon info ya, tks.

    BalasHapus
  5. Met malam ...brp biaya kalau mobil saya akan balik nama dr bogor ke bekasi. dengan rincian sbb:
    STNK.
    BBN-KB: 0
    PKB : 310.500
    SWDKLLJ:73.000
    BIAYA ADM STNK: 50.000
    BIAYA ADM TNKB 20.000
    TOTAL = 453.500

    STNK Saya mati sejak 2011 di tulisan surat kendaraan bermotor, sedangkan disurat ketetapan Pajak PKB/BBN-KB Dan SWDKLLJ TAHUN 2007.

    Berapa biaya yang harus di siapkan untuk balik nama stnk dan bpkb gan ? mohon petunjuk ya.....

    ini email saya: abdul.gafur@rocketmail.com

    mohon info ya, tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth bpk Abdul.
      Saya mohon maaf apabila tidak langsung mereplynya, dan tidak mengirimkan via email. Dari yang saya baca keterangan diatas pajak nya mati 6 tahun dan wajib bayar 7 tahun. Untuk biaya ada 2 macam, Yaitu Biaya biro jasa dan biaya pajak resmi. Untuk biaya biro jasa proses mutasi dari Bogor ke Bekasi adalah sebesar 1,4 juta. Biaya pajak resminya, kurang lebih 6 juta. Jadi kalau ditotal maka estimasi biaya pajak selama 7 tahun + biaya jasa dan proses (perhitungan sementara) adalah sebesar 7,4 juta.

      Terima kasih

      Hapus
  6. oh begitu caranya ya, thanks dah share ya :)

    BalasHapus
  7. Numpang tanya gan.Ane mau bayar pajak,.mtr Absolute Revo Thn 2010. November nanti 4 thn.dari baru blm prnah bayar pajak.kira2 kena berapa ya.TERIMA KASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam pak Eko.

      Sayang sekali tidak di sebutkan motornya flat mana, (saya anggap Bogor).
      Persyaratan perpanjangan pajak Flat Bogor (kota dan kab), yaitu :
      1. Ktp asli
      2. STNK asli

      Jika bapak berniat mengurus pajaknya bulan Agustus ini, maka akan kena denda kurang-lebih 4 tahun, tapi di bulan Nov 2014 nanti bapak harus membayar pajak lagi setahun sd Nov 2015
      .
      Untuk biaya pajak + denda perkiraan saya sekitar 1.2 jutaan + bea jasa (jika menggunakan Biro jasa)

      Semoga membantu

      Hapus
  8. Gan mau tanya nie motor saya honda revo cw tahun 2009 mati pajak 5 taun plus mau ganti pelat kira kira kena biaya brapa ya kata temn saya sih abis 1,5 tolong bntuannya y yang tau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan ini flat bogor ya? atas nama sendiri atau orang lain?
      Persyaratan ==> Stnk asli, bpkb asli, ktp asli dan cek fisik motor.

      1. Untuk pajak - pajak, perkiraan ane juga kurang lebih 1.5 jutaan. (Kalau kurang atau lebih nanti ada tagihan resminya di lembar pajak Stnk)
      2. Untuk beaya urus biro jasa 250 ribu gan

      Silahkan sms ane gan 0856 8132225 / 0859 59822963 (WA)

      Hapus
  9. Mau numpang tanya. . Sy kmrin bli motor bekas pajak sudah mati 5thn dari penjualnya, niat mau blik nama ap akn kna dnda dan hrus byar pajak yg klwat tsb?, mhon pnjlasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pajak dan denda wajib di bayarkan pada saat bapak mulai mengurus ke samsat apapun prosesnya (perpanjang, mutasi atau balik nama). Dan berpapun jumlah tagihan pajaknya nanti, ini menjadi tanggungan si pemilik kendaraan.

      Hapus
  10. mas mau tanya kalau menghidupkan pajak motor yang udah mati 10thn gimana prosedurnya,ktp kepemilikan terakhir juga tidak ada itu bisa apa enggak?makasih infonya

    BalasHapus
  11. Sama kasusnya agan gilang min..itu gmn y..telat 8 tahun sih

    BalasHapus
  12. Yth Sdr. Gilang dan Sd. Pras

    Sepenuhnya proses pengurusan yang berkaitan dengan pajak-pajak dapat diselesaikan, asalkan melengkapi persyaratannya. Yaitu : KTP asli, stnk asli, bpkb asli dan cek fisik kendaraan. Apabila tidak memiliki ktp asli pemilik lama, maka diwajibkan motor / mobil di balik nama dan otomatis perpanjang pajak sekaligus.

    Demikian semoga bermanfaat

    BalasHapus
  13. mas mau minta informasi :
    motor saya vespa plat D (kota Bandung) tahun 1986 pajak tertera selitar Rp. 38.750
    stnk"y hilang cuma ada foto kopi'y aja itu juga foto kopi yang lama.. bpkb ,asih ada
    tertera pada fotokopi stnk berlalu s.d oktober 2008
    kalo mau urus stnk + pajak'y kira2x bagaimana & brapa biaya'y ya???

    tri,a kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan ini kendaraannya harus di bawa ke samsat bandung. kami tidak sanggup. Trms sudah mampir

      Hapus
  14. mas mau minta informasi :
    motor saya vespa plat D (kota Bandung) tahun 1986 pajak tertera selitar Rp. 38.750
    stnk"y hilang cuma ada foto kopi'y aja itu juga foto kopi yang lama.. bpkb ,masih ada
    tertera pada fotokopi stnk berlalu s.d oktober 2008
    kalo mau urus stnk + pajak'y kira2x bagaimana & brapa biaya'y ya???

    trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan ini flat D, layanan kami belum sampai. Jadi mungkin harus pakai biro jasa domisili bandung atau sekitarnya. Thanks sudah mampir

      Hapus
  15. Saya punya motor honda astrea '84 plat B (Jakarta). Pajak sdh mati sejak tahun 2009. Saya mau lepas berkas dari Jakarta dan mutasi ke Bogor. Informasinya: PKB 46.500, SWDKLLJ 35.000. BPKB,STNK, masih ada yg aslinya. Terima kasih.

    BalasHapus